Oleh: elhaidar | 11 September 2009

Install Windows XP di HP 510 (mode SATA disabled)

HP 510 adalah laptop pertama kali saya, pertamakali membeli, laptop ini di installkan oleh tokonya dengan windows vista ultimate, kemudian permasalahan muncul ketika kegemaran saya mengotak atik computer, ketika saya install disk virtual menggunakan Alcohol.120%.v1.9.5.Build.3105.TRIAL-Patch, dapat pertengahan install ada pesan yang mengatakan bahwa windows vista tidak support dengan software ini, tapi saya teruskan saja dan bisa sampi finish, tetapi ada sesuatu yang terjadi,

setelah finish ternyata windows langsung restart , bisa masuk windows tetapi langsung restart lagi dan Blue Screen, saya coba masuk windows pakai mode safe mode tetapi tidak bisa masuk windows dan langsung Blue Screen, ini menunjukkan satu kelemahan dari windows vista. Kemudian saya coba install pakai windows xp sp2, tetapi waktu proses instalasi Blue Screen lagi, saya coba dengan cd win xp lainnya, tetapi masih saja begitu, ternyata setelah kontemplasi semalaman baru ketemu, bahwa untuk notebook-notebook baru sudah menggunakan hardisk sata dan window xp meskipun sudah sp3 tidak menyertakan driver SATA pada installernya. Ada beberapa cara untuk menginstall Windows XP pada HP 510 ini yaitu:

1. Mendisable SATA native pada BIOS. Caranya masuk BIOS tekan F10 pada saat POST. Pilih System Configuration – Device Configuration.Lalu pilih SATA Native Mode, pilih disabledSetelah itu tekan F10, F10, Enter, F10. Insya Allah penginstalan Windows Xp akan berjalan dengan lancar. Pastikan semua driver sudah lengkap.

2. Instalasi Windows XP pada hardisk SATA menggunakan nLite 1.0


Responses

  1. puas ga mas beli compaq 510??
    kelebihan ma kekurangannya apa?

    • Puas banget deh pokoknya, kalau kelebihannya kayaknya udah tak bahas di postingan ini, kekurangannya pertama, tidak ada driver bawaannya, terus yang kedua touchpadnya gampang kotor.

      • gimana cara menginstal ulang compaq 510 tanpa disk bawaannya mas,,

  2. Tulisan di atas kok 80% mirip dengan tulisan saya tentang install windows xp pada hp 540 (sata disabled) ya? Tolong meskipun sedikit sebagai sesama blogger indonesia yang beretika disebutkan sumbernya.

    • Makasih ya bro, atas sarannya.

  3. bos kita minta penjelasan nya tntang hp compaq 510-e donk.,soal nya qt baru beli qt minta panduannya untuk menginstal y.,.08569353582 sms ataw hub saya atw misedcall aj nnt saya yg tlp.,.thkz

    • maaf baru balas, lagi sibuk ujian kuliah nih, OK bos….

  4. oke makasi bro saran2 lho sabgat bermanfaat bagi aku dan lainnya

  5. mas El sy juga pakai compaq 510 tp wirelesnya blum bisa saya pakai.klo cara install n’ setting wireles nya gmn mas.terima kasih..n klo boleh saya minta driver compaq 510 mas..terimakasih lg…

    • Berarti driver wirelesna belum di install atu, makanya g bisa dipake, untuk driver compaqnya nanti saya posting ya.

  6. gua br beli compaq trus di install win xp eh blue screen tp sekarang udah bisa thank bro atas infonya

  7. bro q kmrn beli hp compaq 510 tapi kosongan…
    download all driver yg support dimana ya???
    mohon bantuannya :)
    thanks…

  8. mas, cq510 kuh prtma akuh beLi kn d instaL in vista, bz itu tag gnti windows7, tyuz ne mo tag instaL XP t gg isa ig ?
    tyz tag cb agy pke vista jdnyaa gg isa juga. .
    knp y mas ?
    pke cr ya d atas td ? sata disable gitu kah ?

  9. jadi urutan yang bener gmn gan??
    1.di install dulu OS nya dengan native sata disabled
    2.di integrasi sama sata?
    atau gmn?? urutan install xp gan,,
    mhon penjelasannya..

    sy mw beli 510 nih tp gk mw vista >_<

    • Pilik salah satu aja bro.

  10. dimohon balas juga via email.. heuheu, maaf ngerepotin.. thanx sebelumnya gan . . .

  11. Ass…Mas L,maap ganggu,gn kmarin ane bru j beli HP 510,dah ane install pkek xp2,dan bsa.brbung dksih driver ane install tp yg bs di instal cman pdf,untk audio,video,modem,dll gak bsa.tp stlah pemakaian bru 2*,e gak bsa dimatiin/drestart,klao g’ngrepotin tlong ksih solusi???trima kasih

    • Menurut pengalamanku sih, kalau seperti itu kayaknya ada driver yang tidak pas, coba di cek lagi.

  12. Ass……mAs ane pnya diver copaq 510 tp yang audionya kok gak bs di install??mhon bantuannya/mc di no ini 085646822338

  13. thanks mas kebetulan saya lagi pusing install pake xp 2.
    soalnya memang suka blue screen melulu mas,
    saya belum coba tapi saya akan coba mudah2n berhasil dan gak ada masalah. saya merasa terbantu mas. thanks

  14. bos, mntk drivernya card reader compaq 510 donk, cz d webny hp kok g ad y?, tlg kirim alamatny dmn q bs download ke emailq y… thanks

  15. mas.,.,driver wabcam c510 ga.???soalnya saya menginstal windows 7…driver wabcamya..keapus pada saat saya menginstal win7..

    tolng mas ya….

    desta_std@yahoo,co,id

  16. mas, maph ikut nimbrung ja,,
    soal kelebihan ma kekurangannya..aku sepakat!!
    ada masalah jg nieh, web camnya ga bs di pake, cb masuk sana sini, ga ketemu,,
    minta saran blh tak??
    bls ke email yah..

    • Pengalamnku sih Webcam bisa berjalan dengan normal asalkan driver yang digunakan compatible.

  17. mas,kl disable sata ad pengaruh’y k xp ga???

  18. mksh mas,.

  19. Gw baru aja beres nge-install WinXP Pro SP3 di Compaq CQ 510. Awal2 mo ngeinstall WinXPnya sih gitu, pas di setup screen yg menunjukkan “Setup is loading files (….)” tiba2 muncul bluescreen dan peringatan error plus… harus CHKDSK /F. Gw pikir masalahnya ada di FreeDOS yg udh preinstalled di drive C laptop ini. Jadi gw format aja dulu dgn C:/> format C: terus gw hapus semua yg ada di drive C, itu termasuk si FreeDOS yg gw pikir jd masalah. Ternyata… bener aja, install WinXP Pro SP3 bisa finish tanpa kendala apapun. Gw install DaemonTool Lite, lancar. Gak kena BSOD. Mungkin bisa jadi alternatif cara menginstall WinXP di CQ510. :D

    Kalo yg cara gw ini gw yakin bkn copas artikel dr blogger yg lain, krn cara ini gw peroleh dari tahapan trial and error, beberapa menit yg lalu.

    (yang mo nanya2 lebih lanjut, bisa kontak gw di PM kaskus dgn nickname Yudhi69. Tinggal di search aja di kolom search)

    • Terimakasih atas informasinya.

  20. dimana mendaptkan driver compaq510 ya?

  21. thx ya td sdh lngsng saya cba dan berhasil

  22. [...] SATAnya kedalam windows XPnya (Windows XPLite). Di postingan berikutnya akan saya bahas mengenai cara menginstall Notebook HP510 dengan windows XP dan cara membuat Bootable CD windows [...]

  23. [...] 1. Install Windows XP di HP 510 (mode SATA disabled) [...]

  24. terimakasih bos…
    dua hari nyari baru ketemu…
    hehehe….

  25. @ngenger: sama2 bro, trmksh atas kunjunganx.

  26. klo mo download driver nya c510 di mn yah???? buat win XP

  27. Maskasih ya atas infonya
    semoga ada hal yang lebih bermanfaat lagi…

  28. Horassss lae….
    makasih ya lae,,,
    udah habis 3 cd & 2 flshdisk buat media nya tapi trnyata masalahnya cuman sata disable,,,,
    thanks banget ya le……..

    Mauliate,,,,

  29. Horassss lae….
    makasih ya lae,,,
    udah habis 3. cd & 2 flshdisk buat media nya tapi trnyata masalahnya cuman sata disable,,,,
    thanks banget ya le……..

    Mauliate,,,,

  30. ass…
    bos saya mau minta penjelasan tentang compaq presario cq 510E donk..,
    dan lebih bagus dan awet mana ya sama acer 4740?

    kalo biasa sms ke 085719858228 ya bos.,
    saya butuh sekarang.,

    makasih bos..

  31. . Permissi, mas elhaidar, q mao nnya. Knpa d forum nie pda gk se7 klo laptop ny d install pke vista….? Bleh tau k’kurangan dr vista nie…

    Oh ya… Klo wins xp ma 7 bsa d gbung jd 2 OS gk d lappie?

    Klo bsa, bagi” step by step ny dund… Thenx :)

    • Soalnya win vista masih banyak bug nya bro, jadi sering tidak stabil dan banyak software yang tidak kompatible, terus lagi win vista itukan memakan resource memorynya besar.

      Win7 bisa digunakan untuk Untuk dual boot / dual OS, misalkan winxp sama win7, untuk bisa membuat dual boot, anda harus menginstall winxp dulu, baru kemudian install win7 seperti biasanya. Semoga bisa
      membantu.

      Saya dual boot lappie saya win7 dan ubuntu karmic koala.

  32. Apa ada pengaruhi pada system berjalan bila sata native ini di disable

    • Tidak ada pengaruhnya pada system bro.

  33. mas, aku sdh disable sata native nya, blue screen nya memang hilang, tapi yang muncul sebagai gantinya adalah “windows did not find hard disk …” ? mohon pencerahannya

    thx, llama

  34. [...] SATAnya kedalam windows XPnya (Windows XPLite). Di postingan berikutnya akan saya bahas mengenai cara menginstall Notebook HP510 dengan windows XP SATA disable dan cara membuat Bootable CD windows XP dengan nLite. Tinggalkan sebuah [...]

  35. [...] postingan saya tentang HP Compaq 510 Notebook Pertamaku dan Install Windows XP di HP Compaq 510 (mode SATA disable) dan Instalasi Windows XP pada hardisk  SATA  menggunakan  nLite 1.0 yang ternyata banyak sekali [...]

  36. bang, mhn info, aq br beli c510, semua sd hr ini msh ok, hy saja pas tes dvd kok ngga bisa yah (sound ok, lihat cd foto ok) msgnya dvd format tidak sesuai dengan hardware…kira2 mslnya dimana yah?

    • saya koq masih belum faham dengan pertangan agan yah??????

      • maaf baru balas Bang, maksud qu begini, kemarin pas nyoba DVD (bajakan) ternyata ngga bisa jalan (msgnya DVD decoder tidak ditemukan). Stl aku coba dengan vcd (film) bisa jalan dan suara juga keluar trus untk vcd yang isinya foto2 (jpeg) jg bisa dibuka. Aku cek di tempat CDnya ada tulisan DVD+RW (mustinya kan DVD bisa dijalanin kan yah). Jadi mo tanya ni bang, kira2 apa ya masalahnya? tks sblmnya

  37. maaf gan nimbrung dong ane pusing juga nih dari kemaren nimbang2 mau beli lenovo apa compaq 510

    kalo bisa kasih pertimbangan dong gan mana yang bagus budget sekitar 6jtan tapi ane bingung mau beli yang mana…

    mohon bantuan nya dong gan sekalian kalo boleh ganggu minta no hp dung biar bisa di hub kalo kalo pada saat troble heheheheh maklum wa awam sekali kalo masalah laptop and komputer hehehehehehe

  38. mas kn sya pnya laptop compaq 510… tapi ko waktu nginstall ulang pke xp cs2 ko eror mlu yh….. gmna nc solusinya

  39. Sip.. pnjlasanya.

  40. kk saya mw tanya.. kok hp cq510 gw kalo mo install antivirus langsung di kick gtuan yah?? ga bisa di install.. ap itu di block ma virus yah?? padahal gw udah install ulang ampe 3x..
    trus ada juga install tune up.. pas mo buka registry cleaner langsung di kick juga.. ga bisa masuk software nya.. kok gtu ya?? help me..

    • Sistem Operasinya pakai apa? Kalau pakai win7 lihat dulu lisensinya. Coba kalau habis di install ulang langsung di scan pakai antivirus yang update.
      atau kalau g mau pusing2 dengan virus bisa pakai Linux.

  41. Aslm.. maaf mas, tanya. HP Compaq 510 saya pake XP-2. Ada sedikit masalah kayaknya. Setiap kali saya charge kok jadi agak gelap yah?? Pas saya cabut chargernya, terang kembali. Padahal, kemarin saya liat dilaptop temen saya, HP Compaq 515, ketika dicharge tidak jadi gelap tapi tambah terang seperti laptop lain pada umumnya (OS nya Win 7). Apa pengaruh OS nya yah?? Karena selain itu, second function key nya (ex.Brightness, contras) tidak berfungsi. Ada yang mengatakan, OS nya tidak sesuai, karena untuk laptop ini harusnya Win 7 atau Vista. Bagaimana ya?? Trimakasih.

    • Sepertinya begitu gan, coba nanti saya cek dan hasilnya saya review. Terimkasih ya atas kunjungannya.

  42. Install xp SATA disabled bisa juga buat laptop compag 41 juga?

  43. bagus

  44. mas, LCD ke detek ga kalo pake ubuntu karmic? atau harus download drivernya lagi? soalnya ga pernah pake buat presentasi. mohon pencerahan

    • Langsung ke deteck Gan, saya sudah mencobanya.

  45. Mas, saya kemarin beli Hp compaq 510, saya sudah install windows xp sp2 dengan disable SATA. semua driver dan lain2 sudah di install, tapi kenapa kok sering hang waktu jalankan aplikasi bebarengan? saya coba tutup semua aplikasi dan coba jalankan dota warcraft frozentrone eh malah hang sama sekali. padahal khan itu game yang minim VGA. kenapa Compaq yang notabene menggunakan processor udah Core 2 duo dan sahred memory VGA 384MB bisa hang?

    • udah bisa mas jalanin Warcraft nya ? soalnya saya juga punya masalah yang sama

  46. Mas El-haidar,saya mau nanya,spek laptop saya sm dgn punya mas,tp baru 6 bln dipake taochpadnya udh ngulah,bisa digerakkan tp gk bisa diklik 2,tolong solusinya….?

    • untuk tochpad lappie ini emang agak sensi gan, jadi saya sarankan toucpadnya dikasih protector.

  47. aku juga pake compaq 510 tapi tiap ada gangguan pasti nginstal ke toko soalnya gak ada drivernya n cari sendiri juga gak tau,tlng donk kasih drivernya compaq 510 biar gak pusing lw pas blue screen.lw bisa yang terbaru tentunya yang support,ama aplikasinya y………….aku buta ngt nih soal laptop n ni pertama kalix punya n mau utak atik takut rusak soalnya gak paham,takut dimarahi bokap lg plz y……..bantuin n trims
    aku tunggu y n cara2x lw masukin ke CD biar bs awet hihihi…………bodoh bngt nih lw soal gnian tp gak malu tanya kok

  48. semoga di tambah ilmunya ma yg kuasa tks banget

  49. mas mau tanya…..
    kalau driver Compaq 510 yg ada .inf nya dmn??

    mau saya inject ke XP…
    thanx y mas…
    tolong d bantu….:)

  50. mas maaf ganggu mas mo nanya sedikit mas…
    oh ya mas knapa ya laptop saya stelah beberapa detik di hidupin trus mati sendiri kmudian hidup kembali seperti di restar sendiri…penyakit ini timbul setelah di instal ulang mas
    mas aku mohon skali bantuan dari mas ada apa tu ya mas

    trima kasih mas

  51. mas laptop compaq 510 ku gau boot, bios nya system boot aku otak atik, aku lupa urutanya, jadinya ga bisa boot mohon di bantu tanks mas aku tunggu…..please..

  52. adry :

    compaq 510
    pas booting teken f10
    trs masuk bios pilih tab sistem configuration
    lalu pilh
    tab boot option
    lalu cari boot order…
    tinggal pilih mana yg first boot…

    • cara menginstal nya bagaimna..?

  53. matur nuwun bossss…………….

  54. sya bis nginstal win xp sp3.gk pke mendisable SATA. nd ini masih bsa dipakai.kira” nanti ad mslah ap gk ?

    tlg blz di email ya??

    matur nuwun

  55. cara menginstalasi di semua merk laptop….?
    tlong d buat kan d situs anda..?
    thank’z

    • Saya usahakan Gan.

  56. maksihhhhhhhhhhhh bos!!!!!!ilmunya dah Q coba dan ternyatttta muantapppppppppp……..

    • Kembali kasih Gan. Thx ya atas kunjungannya.

  57. mas mau nanya…
    1.kenapa ya laptop compac 510, tiba2 dekstopnya mengecil dan g begitu jelas, trus bacground dekstopnya warna hitam…tu setlh saya nyalain agak lama sktr 5-6 jam??? tu masalahnya kenapa ya mz???
    2.Kenapa ya mz, laptop saya sering hang, misal buka folder foto yg isinya sebrek foto, tba2 winamp yg dinyalain pun ikut diem, dan akhirnya pun, cursor dan semua fitur pada dekstop g da yg bisa di klik??alhasil harus matiin manual, karena stlh saya tunggu lama, hangnya g bisa ilang…

    Mohon jawabannya mz,,,,saya sangat butuh…makasih

  58. aku mau tanya kemarin aku baru beli compaq 510…tapi kok web cam’a ga bisa kepake yah?????

  59. gan., compaq 510 gua bisa di instal xp., tpi pas instal vganya hasilnya selalu hilang.,jagi ga bisa maen game fullscreen., tpi kalo pake OS win 7 berjalan normal., gimana nie bang ? mohon pencerahannya., TQ

    Nb : jwab via email aja : nico_sahabat20@yahoo.com

  60. kalo cara ngatur boot drive/ke run setup di laptop yang udah ada freeDos nya gimana ya?


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

