Oleh: elhaidar | 22 April 2010

Torrent adalah

Torrent adalah sebuah media alternatif yang digunakan untuk mengupload dan mendownload file berukuran besar melalui internet. File yang didownload dengan torrent konon dapat diunduh dengan lebih cepat karena dibagi ke dalam beberapa partisi kecil dan memiliki sistem “Seed” dan “Peers”. Yang anda perlukan untuk mendownload torrent adalah sebuah “Client Torrent” seperti Utorrent atau Bittorrent, lalu mendownload file torrent dari website tertentu.

Torrent adalah protokol komunikasi sharing (berbagi) file/data secara peer-to-peer(P2P). Torrent adalah suatu metode mendistribusikan data dalam jumlah yang besar secara luas tanpa harus menanggung semua beban resource/kinerja hardware, hosting, & bandwith pada distributor asli data/file tersebut. Ketika data didistribusikan menggunakan protokol Torrent, setiap pengguna yang mendownload file tersebut juga ikut mendistribusikan sebagian kecil data kepada pengguna baru yang mendownload file/data tersebut, hal ini mengurangi biaya dan kinerja dari sang distributor asli. Hal ini juga mengurangi ketergantungan terhadap distributor file/data yang asli.

Torrent adalah file yang kecil, yang berukuran hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi .torrent. File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dsb.

File torrent dapat di download di website yang menyediakan file torrent. Daftar lengkap website yg menyediakan file torrent dapat dilihat di halaman: http://isohunt.com/stats.php?mode=btSites

Filosofi dasar Torrent adalah user harus juga meng-upload data ketika mereka mendownload”. Dengan demikian, kita dalam saat yang sama bertindak sebagai server data. Kecepatan download sangat tergantung dengan jumlah Seed (SE) dan Peerr/Leech (PE).

Berikut istilah-istilah dalam torrent :

1. Seed adalah pengguna, yang telah selesai mendownload file dari torrent dan melakukan sharing.
2. Peer adalah semua orang yang sedang mendownload file, setelah download selesai, ia menjadi seed (seeder).
3. Leech adalah sama dengan peer, sering digunakan untuk menamai peer dengan UD (Upload/Download) ratio yang rendah. Sedangkan istilah Leecher ditujukan kepada yang telah selesai mendownload sebuah file dan begitu selesai mendownload file tersebut dia langsung disconnect atau menghentikan proses sharing file tersebut.
4. UD ratio adalah rasio download dan upload. Rasio upload dan download termasuk sedang, bila bernilai 1 (yang anda download sama dengan yang anda upload)
5.Tracker adalah server, yang mengkoordinasikan proses download semua user. Server tersebut menyimpan data tentang berapa banyak seeder, leecher, peers dan info lainnya dari sebuah file torrent. Tracker mengidentifikasi lokasi network dari orang-orang yang  mendownload, upload/sharing sebuah file.
6.Swarm adalah simpulan dari semua seed dan peers (dengan demikian tracker mempunyai swarm untuk semua komputer yang pernah mendownload file torrent darinya).

Ada beberapa Tips untuk memlih file torrent dari Tracer Torrent (website yg menyediakan file torrent), sehingga kecepatan file yg kita download lebih stabil/cepat, yaitu:

1. Saat memilih file torrent lihat perbandingan seed dan leech-nya. Kalo seed lebih banyak daripada leech biasanya download bakal cepet, kalo sebaliknya download bisa lambat.
contoh:
seed = 10.000; leech = 50.000 => kemungkinan besar lambat –> rasio(1/5)
seed = 50; leech = 5 => kemungkinan besar cepat –>rasio (10/1)
2. Perhatikan juga kualitas file torrent yg kita download dari Tracer torrent. Diindikasikan dari banyaknya orang yg telah mendownload file tersebut dan komentar positif terhadap file tersebut.
3. Setting BitTorrent/uTorrent di Option– Preferences — Advanced — cari net.max_halfopen setting antara 50 – 100 (saya pakai 80) default value 8.
5.Setting BitTorrent/uTorrent di Option — Preferences — Bandwidth — masukkan nilai untuk :

Global maximum number connection (ini adalah total peer yg tersambung ke kita) etc:200 makin besar makin baik;

Maximum connected peer per torrent (ini jumlah peer yg tersambung ke kita untuk tiap file yg kita donwload/share) etc:60 makin besar makin baik;

Number of upload slot ini adalah jumlah peer yg bisa mendownload dari kita secara bersamaan) etc:2 makin kecil makin baik.

Jaringan file torrent merupakan alternatif tempat sharing file, yg bisa jadi lebih aman dari virus/trojan dengan catatan kita harus berhati-hati dan teliti dalam memilih file torrent (liat tips no 2 di atas ) dari pada download dari Rapidshare, Megaupload, Ziddu dll.

About these ads

Responses

  1. [...] Bagi yang masih belum terbiasa dengan torrent silahkan baca Postingan saya tentang torrent. [...]

  2. mau tanya… sy biasanya download file torrent di thepiratebay.com, asiatorrent dan d-addict

    kalo yang di asiatorrent kan ada sistem poinnya setiap 1 jam jadi seeder dapat 1 poit, and dapat di tukar unutk tingkatkan jumlah upload, jadi sejauh ini sy merasa nyaman download di asiatorrent :D

    yang masih bingung itu di thepiratebay.com dan d-addict, semisal kita udah download full tapi gk pernah upload sampai 100% apa ada sangsinya ???? misalnya IP di banned atau lainnya???

    mohon penjelasannya

  3. [...] http://elhaidar.wordpress.com/2010/04/22/torrent-adalah/ -6.920663 110.196673 Advertisement LD_AddCustomAttr("AdOpt", "1"); LD_AddCustomAttr("Origin", "other"); LD_AddCustomAttr("theme_bg", "ffffff"); LD_AddCustomAttr("theme_border", "bcb7b4"); LD_AddCustomAttr("theme_text", "4e4e4e"); LD_AddCustomAttr("theme_link", "0071bb"); LD_AddCustomAttr("theme_url", "b9de20"); LD_AddCustomAttr("LangId", "1"); LD_AddCustomAttr("Autotag", "technology"); LD_AddSlot("wpcom_below_post"); LD_GetBids(); Share this:FacebookTwitterEmailPrintLike this:LikeBe the first to like this post. [...]

  4. saya masih bingung, apakah nanti file file kita terupload sendiri ke sana tanpa diketahui ?

  5. nice jd pemasukan buat mencari file2 yg susah dicari

  6. [...] http://elhaidar.wordpress.com/2010/04/22/torrent-adalah/ [...]

  7. Ijin Copas Keseluruhan ya gan :)

  8. […] Sumber : http://elhaidar.wordpress.com/2010/04/22/torrent-adalah/ […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 46 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: